Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Rampingkan Rute

Kompas.com - 25/03/2011, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Garuda Internasional (Persero) Tbk mengalami penyusutan keuntungan sebesar 10 persen dari rute penerbangannya ke Tokyo (Narita) pada bulan Maret ini.

Sebagai langkah penyesuaian, Garuda akan merampingkan rute penerbangan dari dua rute, yakni Narita-Jakarta dan Narita-Denpasar, menjadi Narita-Jakarta-Denpasar.

”Untuk pasar Jepang, saat ini kami sedang melihat perkembangan awal April ini hingga akhir Mei. Kami akan melakukan beberapa penyesuaian karena kami punya double daily dari Tokyo, yakni ke Denpasar dan ke Jakarta,” kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Arif Wibowo, di Jakarta, Jumat (25/3/2011).

Arif menjelaskan, rute Narita-Denpasar akan ditutup hingga akhir Mei. Namun, Garuda tetap berharap tingkat isian tetap besar, khususnya pada periode Golden Week yang berlangsung  22 April hingga 8 Mei.

Tingkat isian pada periode ini diharapkan dapat mencapai 90 persen. Adapun pengurangan rute ini akan dialihkan ke pasar Timur Tengah.

”Kami bikin triple daily, seperti ke Jeddah untuk pasar umroh,” kata Arif. Untuk rute ke Jeddah, Arif menyebutkan tingkat isiannya bisa mencapai 98 persen atau lebih tinggi dari Jepang yang saat ini tingkat isiannya masih 66 persen. Meskipun demikian, Garuda sangat berharap pada proses pemulihan di Jepang.

”Saya pikir jika Jepang bisa pulih dalam 3 bulan ini, ke depan masih OK,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com